Tips Membuat dan Memilih Kontraktor Lapangan Futsal

Futsal adalah salah satu jenis olahraga yang kini sedang populer di Indonesia. Olahraga satu ini merupakan permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim beranggotakan enam orang. Tujuan dari permainan futsal adalah memasukan bola ke gawang milik lawan dengan cara menggiringnya menggunakan kaki. Selain terdapat enam orang dalam tim utama, setiap regu diizinkan untuk memiliki pemain cadangan. Memang jenis olahraga satu ini hampir mirip dengan permainan sepak bola, namun permainan futsal dibatasi garis bukan net atau papan. Karena permainan ini cukup digemari maka tidak heran semakin banyak lapangan futsal yang menjamur di berbagai kota. Anda juga bisa membuat lapangan futsal sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan. Untuk membuat lapangan futsal yang baik anda harus memiliki kontraktor lapangan futsal yang professional. Berikut tips membuat lapangan futsal untuk dibuat bisnis dan tips memilih kontraktor lapangan futsal.

Tips Membuat Lapangan Futsal

Sebelum anda membuat lapangan futsal untuk dibisniskan, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Lokasi

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam membuat lapangan futsal adalah lokasi dari tempat tersebut. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dengan moda transportasi apapun. Agar pengunjung yang datang tidak mengalami kesulitan dalam mengakses lapangan futsal anda. Jika memungkinkan, pilihlah lokasi untuk lapangan futsal yang berada di pinggir jalan besar agar mudah ditemukan.

2. Material

Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah bahan-bahan atau material yang akan digunakan untuk membangun lapangan. Pastikan material yang digunakan untuk membangun lapangan futsal menggunakan material yang berkualitas. Material yang berkualitas tentunya akan aman dan nyaman digunakan. Dengan memilih kontraktor lapangan futsal yang benar, maka material yang digunakan juga akan terjamin.

3. Ketersediaan Fasilitas

Hal ketiga yang perlu anda perhatikan adalah ketersediaan fasilitas yang memadai. Semakin banyak fasilitas tentunya akan membuat nyaman pengguna dan semakin banyak pengguna yang datang ke tempat anda. Fasilitas pendukung yang anda harus miliki contohnya tempat mandi untuk para pengguna mandi setelah bermain futsal. Atau tempat ganti baju bagi para pengguna yang akan berganti baju khusus futsal. Tempat menunggu antrian jika tempat anda penuh, cafetaria atau kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang menggugah selera. Kantin tentunya menjadi salah satu fasilitas yang wajib ada di sekitar area futsal. Selanjutnya lahan parkir yang luas dan aman untuk kendaraan para pengguna yang akan bermain futsal, dan fasilitas pendukung lainnya. Hal-hal seperti ini, bisa anda konsultasikan juga ke kontraktor lapangan futsal yang anda tunjuk.

4. Jenis Futsal

Untuk anda yang ingin membuat lapangan futsal sendiri, anda harus mengetahui jenis lapangan futsal apa yang akan anda buat. Berikut beberapa jenis lapangan futsal beserta kelebihan dan kekurangannya yang penting untuk anda ketahui sebagai pertimbangan.

Jenis Vinyl

Jenis lapangan yang pertama adalah lapangan futsal vinyl atau yang biasa disebut sebagai rubber. Hal ini karena di bagian dasarnya menyerupai karet dengan permukaan yang lembut. Jenis lapangan satu ini adalah jenis yang paling banyak digunakan karena banyak orang yang menyukainya, khususnya para penggemar olahraga futsal. Bahan yang digunakan untuk jenis ini merupakan bahan yang memiliki tekstur empuk, dan mudah dalam melakukan aksi-aksi dalam olahraga futsal terlebih bagi pemain futsal yang suka diving.

Kelebihan dari jenis lapangan vinyl

  • Memiliki tingkat kerataan lapangan yang baik sehingga bola dapat meluncur dengan lancar.
  • Kedua karena lapisan bahannya empuk sehingga nyaman ketika melakukan diving atau bahkan ketika terjatuh.

Kekurangan dari jenis vinyl sendiri ada tiga yaitu:

  • Untuk waktu penggunaan yang relatif lama, maka akan ada bagian yang terlepas. Sehingga membuat lapangan futsal menjadi tidak rata jika tidak segera diperbaiki.
  • Memiliki daya cengkram yang cukup baik. Terutamanya pada sepatu dengan outsole yang terbuat dari karet murni.
  • Dapat menyebabkan luka pada bagian paha atas dan pinggul ketika pemain melakukan rush.

Jenis Parquette

Untuk jenis lapangan futsal parquetted lebih populer di Negara Eropa, Amerika Latin dan kurang populer di Negara Indonesia. Lapangan jenis parquetted sebenarnya sudah lama digunakan dan biasanya dipakai di Gelanggang Olahraga atau GOR. Biasanya jenis lapangan ini digunakan untuk lapangan basket, karena bahannya terbuat dari kayu dan mampu memantulkan bola dengan sempurna.

Kelebihan dari Jenis Lapangan Parquette

  • Jenis lapangan satu ini tergolong paling kesat atau tidak licin ketika dipakai berlari
  • Kerataan dari jenis lapangan parquetted ini sangat baik, sehingga membuat laju bola menjadi lancar.

Kekurangan dari Jenis Lapangan Parquette

  • Lapangan jenis parquetted memiliki kekurangan yaitu tingkat kekerasannya sangat tinggi dibandingkan jenis lapangan futsal lainnya. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya terbuat dari kayu.
  • Membutuhkan perawatan yang ekstra karena mudah rusak, kerusakan ini biasanya disebabkan oleh faktor cuaca atau kelembapan ruangan.
  • Ketika sudah rusak cukup berbahaya. Karena sekat antara satu potongan kayu dengan lainnya akan timbul ke permukaan. Hal ini juga akan mempengaruhi laju bola dan dapat berbahaya bagi para pemain futsal.

Jenis Karpet Plastik

Lapangan jenis ini memiliki bahan dasar dari Polyethyle. Lapangan karpet plastik terdiri dari banyak lembaran yang dapat di bongkar pasang sehingga nilai ekonomisnya tinggi. Karena mudah dipindahkan dan memiliki daya tahan yang lama.

Kelebihan dari Jenis Lapangan Karpet Plastik

  • Memiliki permukaan yang relatif kesat dan tidak licin.
  • Sangat jarang ditemukan permukaan yang tidak rata karena jarang ada lapisan yang terlepas.

Kekurangan dari Jenis  Lapangan Karpet Plastik

  • Menjadi salah satu lapangan yang tidak terlalu rata dibandingkan jenis lapangan lainnya. Karena terbuat dari banyak lembaran-lembaran.

Jenis Taraflex

Jenis lapangan satu ini sekilas mirip dengan jenis lapangan parquetted namun bahan dasarnya dari polyethylene atau biji plastic yang dipadatkan. Walau dari bahan plastik namun jenis lapangan ini kesat dan enak digunakan. Bahkan membuat para pemain futsal tidak mudah terjatuh. Jenis lapangan ini banyak digunakan di Indonesia.

Kelebihan dari Jenis Lapangan Taraflex

  • Pemukaan dari lapangan jenis ini cukup rata dan membuat bola meluncur dengan lancar.
  • Permukaan lapangan tidak licin

Kekurangan dari Jenis Lapangan Taraflex

  • Terdiri dari beberapa lapisan sehingga sering ada lapisan yang permukaannya terlepas dan membuat tidak rata.

Tips Memilih Kontraktor Lapangan Futsal

Setelah mengetahui jenis lapangan futsal yang akan anda buat, langkah selanjutnya adalah memilih kontraktor lapangan futsal yang professional. Sehingga hasil lapangan yang dikerjakan baik dan sesuai dengan standar internasional. Anda bisa mendiskusikan jenis lapangan yang akan anda buat beserta fasilitas pendukung di dalamnya kepada pihak kontraktor lapangan futsal. Hal ini bertujuan untuk membuat lapangan futsal yang nyaman, sesuai keinginan anda dan sesuai dengan dana yang anda miliki. Sangat penting memilih jasa kontraktor lapangan futsal yang professional karena akan mempengaruhi hasil dari pekerjaannya. Memilih kontraktor yang professional dapat dilihat dari track record yang mereka miliki, kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan melihat lapangan yang pernah mereka kerjakan.